Fakta! Push Up Bisa Bikin Panjang Umur



Sebuah penelitian menemukan bahwa teratur latihan berbasis kekuatan seperti push up dan sit up, dapat mengurangi risiko kematian dini sampai batas tertentu.

Periset menemukan bahwa orang-orang yang melakukan latihan tersebut memiliki 23 persen pengurangan risiko kematian dini dan penurunan risiko 31 persen secara khusus untuk kematian terkait kanker.

Meski latihan kekuatan telah dikaitkan dengan manfaat fungsional seiring bertambahnya usia, peneliti mengatakan, beberapa penelitian telah menunjukkan dampaknya terhadap kematian.

"Studi ini menunjukkan bahwa olahraga yang meningkatkan kekuatan otot mungkin sama pentingnya bagi kesehatan, karena aktivitas aerobik seperti joging atau bersepeda," kata Emmanuel Stamatakis dari University of Sydney di Australia dilansir Zeenews.

Dan dengan asumsi temuan tersebut, lanjut dia, mencerminkan hubungan sebab dan akibat, mungkin akan lebih penting lagi jika mengurangi risiko kematian akibat kanker.

Analisis juga menunjukkan latihan yang dilakukan dengan menggunakan berat badan sendiri tanpa peralatan khusus sama efektifnya dengan latihan berbasis gym.

"Banyak orang diintimidasi oleh gym, biaya atau budaya yang mereka promosikan, jadi sangat bagus untuk mengetahui bahwa setiap orang dapat melakukan latihan klasik seperti trisep, permainan duduk, push-up atau menerjang di rumah atau taman lokal mereka sendiri dan berpotensi mendapatkan manfaat kesehatan yang sama," kata Stamatakis.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, didasarkan pada sampel populasi gabungan dari 80.306 orang dewasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

De aandelen glijden terug naarmate de zorgen over het coronavirus voortduren

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Rambut

Ingin Kuku Sehat dan Kuat saat Hamil? Santap Tiga Makanan Ini