5 Cara Menghindari Penularan Virus Corona

Virus Corona kini menjadi perhatian seluruh masyarakat yang ada dunia, Berikut tips mencegah penularan virus tersebut.



Perlu diingat virus Corona dapat tertular dari tetesan atau percikan yang keluar dari hidung atau mulut seseorang yang terinfeksi Covid-19 saat batuk atau bersin. Apabila tetesan tersebut mengenai permukaan atau benda, lalu tersentuh oleh orang lain dan di saat itulah virus akan berpindah serta menularkan penyakit tersebut.

Mencegah hal itu tidak terjadi, pastikan Anda tidak memegang wajah, mata, hidung atau mulut. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun, jika tidak ingin virus Corona merasuki tubuh.

Berikut Tagar berikan ulasan mengenai lima hal yang harus dilakukan untuk menghindari penularan virus Corona atau Covid-19 sesuai saran WHO.

1. Cuci Tangan dengan Sabun

Biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik dengan teratur dan sesering mungkin. Apabila tidak bisa mencuci tangan dengan sabun karena berada di tempat umum, cucilah tangan menggunakan cairan yang mengandung alkohol, seperti hand sanitizer. Hal ini mampu membunuh virus yang mungkin menempel pada tangan.

2. Menjaga Jarak atau Physical Distancing

Masyarakat diingatkan untuk menerapkan physical distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter dengan siapa saja. Apalagi jika menemukan seseorang mengalami batuk atau bersin, disarankan untuk tetap jaga jarak. Hal ini bertujuan meminimalisir risiko terpapar virus Corona.

Saat seseorang batuk atau bersin bisa saja menyemprotkan percikan cairan kecil dari hidung atau mulut yang mungkin mengandung virus. Apabila tetesan air tersebut terhirup atau masuk ke dalam tubuh secara tidak sengaja, hal ini berpotensi untuk tertular.

3. Hindari Menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut agar terhindar dari Covid-19. Sebab, tangan tentu menyentuh banyak benda yang kemungkinan ada virus berbahaya menempel di situ.

Apabila terkontaminasi, tangan bisa menjadi media yang memindahkan virus melalui mata, hidung, atau mulut. Situasi tersebut mampu membuat seseorang terinfeksi akibat virus yang masuk ke dalam tubuh.

4. Melakukan Etika Batuk dan Bersin

Ketika ingin batuk atau bersin, sebaiknya tutuplah menggunakan siku tangan yang ditekuk atau tisu. Namun, jangan lupa untuk membuang tisu itu setelah digunakan.

Percikan air yang keluar saat bersin atau batuk bisa menyebarkan virus. Dengan menerapkan etika batuk atau bersin setidaknya bisa berguna untuk melindungi orang-orang di sekitar.

5. Tetap di Rumah Jika Sakit dan Cari Bantuan Medis

Apabila mengalami batuk, demam, dan kesulitan bernapas sesegera mungkin hubungi dan cari bantuan medis. Kemudian ikuti arahan otoritas kesehatan setempat.

Jika mengalami gejala virus Corona, masyarakat disarankan untuk segera menghubungi layanan kesehatan yang ada di daerah masing-masing. Biarkan tenaga medis melakukan tugasnya dan perhatikan arahan mereka. Hal ini sebagai salah satu cara untuk melindungi seseorang dan membantu mencegah penyebaran virus serta infeksi lainnya.

Khusus masyarakat Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, apabila mengalami gejala virus Corona bisa menghubungi call center 112, nantinya akan ada petugas yang datang menangani pasien.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

De aandelen glijden terug naarmate de zorgen over het coronavirus voortduren

Ingin Kuku Sehat dan Kuat saat Hamil? Santap Tiga Makanan Ini

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan dan Rambut